KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN JEMBRANA

BAB I


PENGANTAR


1.1 Latar Belakang


Adapun yang menjiwai dari pelaksanaan otomoni daerah  adalah Undang-Undang Nomer 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah. Daerah diberi kewenangan dan tanggung jawab yang lebih besar untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat.   Tujuan dari pada otonomi daerah adalah meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintah daerah, terutama dalam pelaksanaan pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat serta meningkatkan pembinaan kesetabilan politik dan kesatuan bangsa (Pide, 1999: 272).


Dalam rangka  mempersiapkan otonomi daerah tersebut maka perlu adanya suatu kegiatan yang disebut dengan Pengembangan Kemampuan Pemerintah Kota (PKPK). Adapun tujuan dari kegiatan PKPK untuk meningkatkan kemampuan aparat dan kelembagaan pemerintah sehingga dalam jangka panjang mampu mewujudkan Good Governance,   dalam jangka pendek mampu melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan dalam rangka membangun dan memberi pelayanan umum di daerah, serta mendorong partisipasi swasta dan masyarakat dalam pembangunan dan pelayanan umum (Renstra Kota Denpasar,2000: 1).


Konsekuensi logis diberlakukanya otonomi daerah tersebut, pemerintah daerah harus siap menanggung beban dan tanggung jawab untuk mengatur sumber dana dan daya yang ada, untuk melaksanakan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Dalam pelaksanaan pembangunan perlu adanya dukungan pembiayaan baik yang bersumber dari potensi yang dimiliki pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.


Menurut Undang-Undang Nomer 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah, disebutkan pada pasal 79  sumber penerimaan daerah dalam komponen Anggaran Pendapatan Belanja Daerah adalah Penerimaan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan, Pinjaman Daerah, dan Lain-lain Penerimaan yang sah.  Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan sumber pembiayaan pembangunan yang digali dari potensi yang dimiliki oleh daerah yang terdiri dari hasil pajak daerah, hasil restribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan,  dan lain-lain pendapatan asli daerah.


Peningkatan sumber pembiayaan pembangunan yang bersumber dari potensi daerah dapat dilakukan dengan pertama, mencari terobosan-terobosan inovatif yang tidak bertentangan dengan kepentingan masyarakat dan pemerintah pusat. Upaya kedua, dapat dilakukan dengan meningkatkan efisiensi unit-unit yang ada di dalam pemerintah daerah di mana unit-unit tersebut diharapkan mampu mendayagunakan sumber-sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan terhadap masyarakat. Upaya pertama tidak mudah  untuk dilaksanakan terutama pada unit pelaksana Rumah Sakit Umum Daerah, mengingat keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah mempunyai  tujuan pelayanan umum yang tidak berorientasi pada keuntungan. Oleh karena adanya Peraturan Menteri Kesehatan R.I. No.159b/Men.Kes/Per/II/1988 tentang Rumah Sakit disebutkan pada pasal 25, bahwa rumah sakit pemerintah harus melaksanakan fungsi sosialnya dengan menyediakan fasilitas untuk merawat penderita yang kurang mampu atau tidak mampu sekurang-kurangnya 75 persen dari kapasitas tempat tidur yang tersedia dan  untuk rumah sakit swasta sekurang-kurangnya 25 persen  dari kapasitas tempat tidur yang tersedia. Upaya kedua lebih menekankan pada pembenahan ke dalam yang sekaligus dapat digunakan untuk menepis sinyalemen sementara kalangan yang menyatakan adanya ketidakefisienan rumah sakit umum daerah dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.


Rumah sakit merupakan suatu institusi yang komplek, dinamis, kompetitif, padat modal dan padat karya yang multidisiplin serta dipengaruhi oleh lingkungan yang selalu berubah. Namun rumah sakit selalu konsisten tetap untuk menjalankan misinya sebagai institusi pelayanan sosial, dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat banyak dan harus selalu memperhatikan etika pelayanan. Ada beberapa faktor penting yang secara doniman mempengaruhi pengembangan dan peningkatan rumah sakit di Indonesia, (lihat Farida,1996: 5):




  1. perkembangan sosial ekonomi masyarakat;

  2. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran;

  3. perkembangan macam-macam penyakit;

  4. tersedianya anggaran atau dana untuk pengembangan dan peningkatan rumah sakit;

  5. perkembangan dan kemajuan manajemen termasuk manajemen rumah sakit;

  6. adanya persaingan rumah sakit;

  7. perubahan-perubahan kebijakan pemerintah, terutama mengenai pelayanan di bidang kesehatan;


Ketujuh faktor ini akan menjadi peluang bagi rumah sakit untuk meningkatkan segala aspek yang menunjang agar kualitas pelayanan yang diberikan akan semakin baik dan profesional. Setiap pimpinan rumah sakit selalu berkepentingan dan memiliki tanggung jawab langsung dalam meningkatkan kinerja (performance). Kemampuan untuk mengukur kinerja rumah sakit (performance measurement) merupakan salah satu prasyarat bagi pimpinan untuk dapat memobilisasi sumber daya secara efektif. Pengukuran kinerja dapat memberi arah pada keputusan strategis yang menyangkut perkembangan rumah sakit dimasa yang akan datang.


Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah sangat ditentukan oleh skala kegiatan ekonomi daerah yang bersangkutan. Bagi daerah yang memiliki skala kegiatan ekonomi yang tinggi, tentunya akan memiliki kinerja yang tidak dapat disejajarkan dengan daerah yang memiliki skala ekonomi yang rendah (Makhfatih, 1997: 1-2).


Dalam pembiayaan operasional rumah sakit, selama ini masih sepenuhnya  bergantung  pada anggaran pemerintah daerah setempat.  Di lain pihak dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah daerah, diharapkan Rumah Sakit Umum Daerah sebagai unit penghasil dari retribusi pelayanan kesehatan dapat dikelola secara profesional. Sumber-sumber pembiayaan Rumah Sakit Umum Daerah dalam pelaksanaan opersional pelayanan kesehatan adalah APBD Tk.II, SBBO, dan OPRS yang dalam penggunaanya bertujuan untuk peningkatan penerimaan Rumah Sakit Umum Daerah dan perluasan cakupan pelayanan kesehatan dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Diharapkan dalam pemberian kualitas pelayanan kesehatan untuk dapat ditingkatkan, mengingat dewasa ini persaingan terhadap jasa pelayanan kesehatan telah berkembang dengan pesat.


Untuk lebih jelasnya tentang perkembangan sumber-sumber pembiayaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Negara, dalam rangka menunjang operasional selama tiga tahun anggaran 1997/1998 – 1999/2000 sebagaimana tabel berikut:


Tabel 1.1


Sumber Dana RSUD Negara, 1997/1998 -1999/2000


































Uraian

Pencapaian (Rupiah)


 

1997/1998


(Rp)



1998/1999


(Rp)



1999/2000


(Rp)


APBD Tk.II

188.976.000,00



317.355.500,00



411.574.500,00


SBBO

347.067.000,00



100.157.000,00



159.213.000,00


OPRS

74.480.000,00



376.000.000,00



240.126.000,00



Sumber: RSUD Kabupaten Jembrana, Perhitungan APBD Kabupaten Jembrana, Beberapa  Terbitan (diolah).


Dari tabel tersebut secara umum terlihat bahwa terjadinya peningkatan penggunaan dana dari ketiga sumber dana, kecuali pada sumber dana SBBO dimana pada T.A. 1998/1999 terjadi penurunan sebesar 71 persen dari tahun anggaran sebelumnya dan terjadi peningkatan sebesar 58 persen pada T.A. 1999/2000. Peningkatan penggunaan dana yang paling besar, pada sumber dana OPRS T.A. 1998/1999  sebesar 404 persen.


Selama kurun waktu tiga tahun anggaran 1997/1998 sampai dengan tahun 1999/2000, besarnya kontribusi retribusi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Negara  terhadap Pendapatan Asli Daerah dapat dilihat pada tabel sebagai berikut:


Tabel 1.2


Kontribusi Retribusi RSUD Negara, 1997/1998 – 1999/2000


































Tahun

Penerimaan Retribusi RSUD


(Rp)



Penerimaan



Kontribusi



Pendapatan Asli Daerah


(Rp)



(%)



1997/1998



185.939.015,00



2.488.001.181,00



7



1998/1999



190.890.477,00



3.151.080.481,00



6



1999/2000



189.171.995,00



2.534.019.997,00



7



Sumber: Lihat tabel 1.1 (diolah)


Dari tabel 1.2, bahwa selama tiga tahun anggaran, kontribusi penerimaan Rumah Sakit Umum Daerah Negara terhadap Pendapatan Asli Daerah relatif cukup kecil, yaitu 7 persen tiap tahunnya. Bila dibandingkan antara penerimaan dengan pembiayaan yang bersumber dari tiga sumber pembiayaan ini berarti bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Negara masih sangat tergantung dari anggaran pemerintah daerah setempat.


Dari aspek cakupan pelayanan, rumah sakit yang tergolong tipe klas C berdasarkan S.K. Men.Kes R.I. No. 1167/Men.Kes/SK/XII/1993 tentang Peningkatan Klas Rumah Sakit Umum Daerah Milik Pemerintah Daerah Tk.II Jembrana dan ditindaklanjuti Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tk.I Bali No.307 Tahun 1994 tentang Penetapan dan Peningkatan Klas R.S. Umum Daerah Kab/Kotamadya Daerah Tk.II se-Bali, selama tiga tahun dari tahun 1997-1999 mempunyai cakupan pelayanan dan kegiatan sebagaimana pada tebel berikut:


Tabel 1.3


Cakupan Pelayanan dan Kegiatan RSUD Negara,  1997 – 1999










































































 No.Uraian

Pencapaian Kegiatan


  

1997



1998



1999



1


Jumlah Medis

18



19



23



2


Jumlah Paramedis   
 *Perawatan

113



122



188


 *Non Perawatan

26



25



28



3


Jumlah Non Medis

59



59



62



4


Jumlah Hari Perawatan

23.794



21.049



21.423



5


Jumlah Hari Pasien Inap

24.631



22.173



21.953



6


Jumlah Kunj. Pasien Jalan

43.104



39.564



38.778



Sumber: RSUD Kabupaten Jembrana, Laporan Tahunan RSUD Kabupaten Jembrana, Beberapa terbitan (diolah).


Memperhatikan kondisi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jembrana selama kurun waktu tiga tahun anggaran, sangatlah menarik untuk mengetahui kinerjanya dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit yang bersangkutan. Pengukuran kinerja haruslah bersifat berkelanjutan di dalam upaya menciptakan perbaikan maupun peningkatan pelayanan. Sehubungan dengan itu, dalam penelitian  ini digunakan teknik  Data Envelopment Analysis (DEA) di dalam mengukur kinerja dan Service Quality (SERVQUAL) dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Kabupaten Jembrana.


1.2 Keaslian Penelitian


Dalam pengukuran kinerja dengan menganalisis tingkat efisiensi dan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa telah banyak dilakukan oleh beberapa peneliti sebelumnya. Adapun peneliti yang menggunakan analisis Data Envelopment Analysis (DEA) untuk pengukuran kinerja adalah Nugroho (1997), yang mengukur efisiensi relatif merek mobil Timor S-515. Dalam hal ini, membandingkan 10 merek dalam kategori mobil sedan kelas 1500-1600cc. Proses DEA dengan menentukan variabel keputusan masukan (input) berupa harga jual tiap-tiap merek dan untuk variabel keluaran (output) berupa variabel kinerja mesin dan variabel-variabel kelengkapan fasilitas yang dimiliki oleh masing-masing merek.


Saputra (2001), menganalisis kinerja pemerintah daerah, studi kasus pemerintah daerah kabupaten dan kota di Bali selama periode tahun 1994/1995 sampai dengan tahun 1998/1999. Adapun yang menjadi variabel masukan (input) yang dipilih adalah belanja pegawai dan jumlah pegawai negeri, untuk variabel keluaran (output) meliputi pajak hotel dan restoran, pajak penerangan jalan, pajak hiburan, retribusi parkir, dan retribusi pelayanan kesehatan.


Young (1992), menghitung efisiensi relatif 22 rumah sakit umum di negara bagian Georgia, Amerika Serikat. Obyek penelitian dibatasi pada rumah sakit yang memiliki kapasitas tempat tidur antara 120 sampai 300 tempat tidur. Variabel keluaran (output) yang diperhitungkan adalah tingkat hunian (fill rate), inventory turn over rate, dan purchase price index, untuk variabel masukan (input) yang digunakan adalah jam staf per hari. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa, terdapat 3 rumah sakit yang relatif efisien (efisiensinya adalah 1 atau 100 persen) dan 19 rumah sakit yang tidak efisien (tingkat efisiensinya lebih kecil dari satu).


Penilaian terhadap kualitas pelayanan dengan menggunakan metode Service Quality (SERVQUAL) telah banyak dilakukan pada organisasi jasa. Adapun peneliti yang telah melakukan penelitian dengan menggunakan metode servqual adalah Saranga (2000), melakukan penelitian kualitas pelayanan pada rumah sakit di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan melihat kesenjangan (gap) yang terjadi antara persepsi dan harapan pasien terhadap pelayanan rumah sakit yang diberikan (gap 5). Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa terdapat kesenjangan antara kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit dengan yang diharapkan oleh pasien. Kesenjangan terjadi pada semua objek penelitian dan untuk kelima dimensi kualitas pelayanan yang besarnya bervariasi antar rumah sakit.


Irmawati (2000), yang juga melakukan penelitian yang sama tentang analisis kesenjangan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan rumah sakit di Solo dengan menggunakan metode Servqual (gap 5). Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan penelitian adalah terdapatnya kesenjangan kualitas pelayanan yang diberikan rumah sakit pada kelima dimensi kualitas pelayanan yang diterima oleh pasien.


Delene dan Walbridge (1993), mengukur sikap tenaga medis dalam rangka pemberian pelayanan jasa kesehatan di negara Amerika Serikat. Dalam penelitian ini kualitas pelayanan jasa kesehatan yang dirasakan oleh pasien dapat dilihat dari aspek reliability, assurance, dan emphaty. Dari hasil penelitian dengan menggunakan Service Quality (SERVQUAL) diperoleh bahwa, sikap tenaga medis dalam pemberian pelayanan jasa kesehatan sangat menentukan kepuasan pasien dan masih terjadinya kesenjangan terhadap ketiga aspek pelayanan terutama pada aspek emphaty, assurance, dan reliability yang dirasakan oleh pasien tersebut.


Peneliti-peneliti yang dikemukakan tersebut, memiliki beberapa perbedaan dengan penelitian ini, di antaranya pada lokasi penelitian dan obyek penelitian, periode penelitian, maupun pada faktor-faktor yang diperhitungkan. Adapun faktor-faktor yang dimaksud adalah untuk variabel masukan (input) yang dipilih adalah jam kerja dokter, jam kerja paramedis, jam kerja non medis, jumlah hari perawatan yang terpakai, dan realisasi anggaran, untuk variabel output yang dipilih adalah jumlah hari pasien rawat inap, jumlah  kunjungan pasien rawat jalan, dan retribusi. Persamaan yang ada hanyalah pada penggunaan alat analisisnya, yaitu mempergunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dan skala Service Quality (SERVQUAL) dengan melihat lima dimensi yang menentukan kualitas pelayanan, yaitu reliability, responsiveness, tangibles, assurance, dan emphaty. 


1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian


1.3.1 Tujuan penelitian


Berdasarkan latar belakang masalah yang disebutkan di atas, maka yang menjadi tujuan dari penelitian disini adalah:




  1. mengukur dan menganalisis tingkat efisiensi  relatif RSUD di Kabupaten Jembrana dan rumah sakit umum daerah lainnya yang berada di Propinsi Bali;

  2. menganalisis terjadinya kesenjangan (gap) antara kualitas pelayanan yang diberikan dengan kualitas pelayanan yang diharapkan;

  3. mengindentifikasikan kelima variabel kualitas pelayanan yang memiliki kesenjangan (gap) yang diberikan oleh rumah sakit.


1.3.2 Manfaat penelitian


Adapun faedah  dari pada penelitian ini adalah:




  1. membantu pihak manajemen RSUD Negara,  agar dapat digunakan sebagai bahan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerjanya dan mencarikan solusi terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan kinerja;

  2. untuk memperluas literatur penelitian dimasa yang akan datang  berkenaan dengan kinerja dan sebagai bahan pertimbangan para akademisi untuk dapat diaplikasikan kepada mahasiswa MEP.

0 komentar:

Posting Komentar